Apa itu Captopril?

Captopril adalah obat resep yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Ini adalah ACE inhibitor long-acting yang bekerja dengan merelaksasi dan melebarkan pembuluh darah, mengurangi volume darah dan menurunkan detak jantung. Obat ini juga menekan produksi angiotensin II dalam tubuh Anda, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kalium dalam darah Anda.

Dosis Captoril

Anda dapat minum obat dua atau tiga kali sehari dengan atau tanpa makanan. Dosis awal yang biasa adalah 12,5-25 mg dan kemudian dapat ditingkatkan hingga maksimum 50 mg setiap hari. Jika Anda memiliki masalah ginjal, Anda mungkin mengalami efek samping pada dosis yang lebih rendah dan hanya memerlukan dosis sekali sehari.

Apa Efek Sampingnya?

Beberapa efek samping Captopril termasuk batuk kering, sakit kepala, detak jantung lambat atau tidak teratur, muntah, penambahan berat badan, dan rasa yang tidak biasa di mulut Anda. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera hubungi dokter Anda. Captopril juga dapat menyebabkan penurunan sirkulasi ke tangan dan kaki Anda yang dapat menyebabkan kedinginan, mati rasa, atau kesemutan. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gejala ini, silakan hubungi dokter Anda untuk mendapatkan saran tentang cara mengatasi efek sampingnya.

Bagaimana Cara Minum Captopril?

Penting untuk tidak berhenti minum Captopril tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena hal ini dapat menyebabkan risiko kesehatan yang serius. Anda biasanya akan diinstruksikan untuk mengonsumsi Captopril satu hingga tiga kali sehari. Captopril termasuk dalam kelas obat yang disebut penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE) yang membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, tetapi tidak menyembuhkannya sepenuhnya. Mungkin diperlukan waktu beberapa minggu sebelum Anda mulai merasakan efek obat ini, jadi penting untuk bersabar!

Harga Captopril

Harga Captopril dapat bervariasi berdasarkan negara atau daerah tempat dimana Anda membelinya. Harga Captopril 12,5 mg cukup terjangkau jika Anda membeli dengan merk generik dibandingkan dengan merk paten.

Captopril tersedia dalam bentuk tablet dan injeksi, tetapi lebih mahal daripada ACE inhibitor lainnya. Di beberapa negara, Captopril belum tersedia atau mungkin hanya tersedia sebagai obat resep. Seperti di Indonesia, Captopril hanya dapat diresepkan oleh dokter dan tidak dapat dibeli tanpa persetujuan dokter.

Interaksi Captopril

Captopril dapat berinteraksi dengan obat lain, yang bisa berbahaya. Jika Anda menggunakan Captopril, penting untuk mewaspadai efek samping ini. Misalnya, jika Anda mengkonsumsi Captopril dan beberapa jenis obat pereda nyeri lainnya, risiko kadar kalium tinggi atau masalah irama jantung dapat meningkat. Anda juga harus menghindari alkohol saat mengonsumsi Captopril karena ini dapat menyebabkan peningkatan rasa kantuk dan pusing.