Atur Pengeluaran dengan Tips Belanja Bulanan Paling Ampuh

Tips belanja bulanan penting untuk dilakukan bagi karyawan atau pekerja yang pembayaran gajinya adalah setiap bulan. Jangan sampai Anda mengalami pailit di akhir bulan karena pengaturan keuangan yang kurang optimal.

Untuk memaksimalkan pengeluaran pada pos-pos yang tepat, berikut adalah beberapa tips belanja bulanan, mulai dari kebutuhan sehari hari hingga daster yang bisa Anda eksekusi sekarang.

1. Buat Catatan Berdasarkan Diagram Lingkaran

Mengapa catatan harus dibuat dengan diagram lingkaran? Karena dengan diagram lingkaran, Anda akan mendapatkan beberapa informasi penting.

Pertama, tentang seberapa banyak dana yang dialokasikan menyita sebagian uang gaji bulanan. Apakah belanja bulanan menghabiskan dana 30% atau bahkan lebih dari 50%?

Sebaiknya, gunakan penghasilan untuk belanja bahan makanan, keperluan kebersihan, dan kebutuhan rumah sebanyak maksimal 50%. Karena jika lebih dari itu, Anda akan sulit dalam memiliki tabungan di masa depan.

2. Gunakan Skala Prioritas

Ada beberapa barang yang tidak harus dibeli setiap bulan. Misalnya bohlam lampu, selang air, karpet, atau beberapa perlengkapan lain.

Biasanya, yang harus dan wajib dibeli adalah produk habis pakai yang sifatnya untuk makanan dan kebersihan. Karena jika tidak dibeli, maka tidak mungkin anggota keluarga tidak makan atau tidak membersihkan diri.

Karena itulah, prioritaskan barang habis pakai. Gunakan yang lebih murah dan sisihkan keperluan untuk beli barang yang tak harus baru setiap bulan.

Termasuk untuk pakaian, pilihlah waktu tertentu saat akan membelinya. Seperti saat menerima gaji ke 13 atau saat menerima THR.

Jadi, Anda tidak harus menggunakan uang gaji bulanan untuk membeli barang-barang tersebut. Ini akan membuat tata kelola keuangan semakin maksimal.

3. Atur Belanja dengan Memanfaatkan Promo Awal Bulan

Tips belanja bulanan yang selanjutnya adalah mengambil kesempatan promo awal bulan. Karena memang biasanya di awal bulan akan ada aneka promo menarik.

Bahkan, jika Anda adalah pemilik kartu kredit atau debit tertentu yang bekerjasama dengan merchant, maka akan lebih mudah mendapatkan promo besar. Manfaatkan diskon yang bisa diperoleh agar biaya bulanan bisa semakin ditekan.

4. Belanja Hal-hal yang Penting Saja

Meskipun banyak orang sudah mengetahui hal ini, faktanya banyak juga yang masih belanja hanya karena keinginan dan bukan kebutuhan. Padahal, belanja hal-hal yang penting merupakan suatu opsi utama dalam menekan budget bulanan.

Utamakan kebutuhan pokok yaitu makanan. Kemudian, jangan lupa dengan tagihan listrik, air, pulsa, dan apa saja yang sangat signifikan untuk pekerjaan.

5. Jangan Membeli Barang di Luar Catatan

Ketimpangan antara catatan yang telah dibuat dengan hal yang dilakukan saat berada di tempat belanja kerap menimbulkan penyesalan bagi banyak orang. Anda bisa jadi sangat ingin membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan hanya karena promo atau melihat penampilan.

Ingat, selalu fokus pada rencana yang dibuat. Tujuannya supaya Anda tidak sampai menggunakan uang dalam jumlah besar untuk membeli barang di luar catatan yang sifatnya kurang penting.

6. Anggarkan Biaya Tak Terduga

Meskipun sudah memiliki dana darurat, tetap anggarkan biaya tak terduga. Adakalanya ada event yang mengharuskan Anda untuk beli suatu barang di luar budget list.

Agar tidak sampai berhutang, maka anggarkan beberapa persen dari gaji bulanan untuk biaya tak terduga. Jika tidak terpakai, simpan uang tersebut untuk biaya tak terduga bulan depan.

Tips belanja bulanan di atas sangat bisa dimanfaatkan untuk Anda yang sering mengalami masalah keuangan di akhir bulan. Dengan demikian, akan semakin mudah untuk menganggarkan tabungan, cicilan, dan beragam pembayaran.