Berbagai Cara Mengatasi Asam Lambung Hingga Operasi

 

Asam lambung juga dikenal sebagai kondisi GERD. Kondisi ini menyebabkan makanan yang lebih mudah naik kembali dari lambung ke kerongkongan. Sehingga ketika mengalami hal tersebut bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman dialami. Seperti dapat mengalami asam yang naik kembali ke kerongkongan, mual, muntah, bau mulut, rasa asam di mulut, dan masih banyak lainnya.

Agar bisa menghindari agar tidak timbul gejala dan kambuh, sebaiknya lakukan berbagai upaya pencegahan hingga pengobatan yang bisa dilakukanAda tiga cara mengatasi dan mengobati asam lambung yang bisa dilakukan yaitu:

1. Perubahan gaya hidup

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merubah gaya hidup. Dengan mengubah pola hidup yang dipunyai dapat mencegah munculnya atau asam lambung yang kambuh. Hal tersebut juga bermanfaat untuk mempunyai kesehatan yang lebih baik dan bisa menghindari berbagai gejala yang bisa timbul ketika GERD kambuh. Langkah perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mencegah GERD adalah:

  • Langkah pertama adalah dengan bisa menurunkan berat badan. Obesitas juga bisa menyebabkan terjadinya asam lambung sehingga penting untuk menurunkan berat badan yang berlebihan.
  • Selanjutnya juga perlu untuk menghindari makanan dan minuman yang bisa untuk menyebabkan asam lambung kambuh. Seperti bagi pecinta pedas tentunya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan tersebut karena bisa membuat asam lambung yang dipunyai mudah kambuh. Selain itu juga sebaiknya hindari atau kebiasaan mengonsumsi alkohol yang bisa menyebabkan asam lambung naik.
  • Ketika mengonsumsi makanan juga perhatikan porsinya yaitu dengan memilih porsi makanan yang lebih kecil. Sebaiknya mengonsumsi makanan kecil tetapi sering.
  • Hindari juga kebiasaan merokok yang membuat asam lambung dapat bertambah parah.
  • Batasi konsumsi obat-obatan jenis tertentu yang menyebabkan asam lambung tambah parah seperti antiinflamasi nonsteroid.
  • Biasanya untuk menggunakan pakaian yang longgar dan tidak menekan perut.
  • Jangan langsung duduk bersandar bahkan berbaring setelah makan.
  • Pilih posisi yang tepat ketika tidur yaitu dengan menyamping ke kiri dan posisi tenggorokan lebih tinggi dibandingkan lambung, sehingga bisa menjaga tidak mengalami asam lambung naik.

2. Mengonsumsi obat

Langkah selanjutnya untuk mengatasi asam lambung yang dipunyai adalah dengan mengonsumsi obat. Ketika mengalami asam lambung bisa untuk langsung mengkonsumsi obat yang cocok untuk meredakan gejala yang dipunyai. Pilih obat yang dapat mengatasi asam lambung yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gejala GERD tersebut adalah:

  • Pertama adalah dengan mengonsumsi obat yang dapat menetralkan asam lambung yaitu antasida. Obat ini mudah didapatkan seperti Promag yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan lambung termasuk asam lambung.
  • Obat yang dapat menurunkan jumlah lambung dan dapat menurunkan produksi asam lambung hingga membuat kondisi kerongkongan yang mengalami radang bisa membaik.
  • Obat yang dapat mempercepat proses pengosongan lambung sehingga tidak membuat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

3. Operasi

Cara mengatasi asam lambung terakhir adalah dengan operasi. Apabila tidak bisa untuk mengatasi asam lambung dengan perubahan gaya hidup dan menggunakan obat-obatan. Maka bisa mengatasinya dengan melakukan operasi yang dibutuhkan. Jenis operasi untuk mengatasi asam lambung adalah:

  • Operasi untuk pengikatan otot LES sehingga bisa menghindari asam lambung yang naik ke kerongkongan karena mempunyai otot LES lebih kuat.
  • Operasi pemasangan alat LINX yang merupakan alat bentuk cincin. Alat ini mempunyai manfaat untuk dapat menjaga area otot LES terbuka saat ada makanan dan minuman yang melewati kerongkongan.