Cara Mengatasi Balita Susah Makan dengan mudah

Sebagai orang tua, menghadapi anak yang susah makan memang menjadi pikiran serta hal itu akan menjadi tantangan tersendiri. Padahal, anak-anak membutuhkan asupan gizi untuk pertumbuhan mereka sehingga kita juga harus pandai bagaimana cara mengatasi balita susah makan. Terkait hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan dengan mudah agar balita bisa makan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi balita yang susah makan. Beberapa diantaranya adalah dengan mengetahui penyebab anak susah makan. Pada dasarnya, menolak makan merupakan fase normal yang akan dilalui oleh setiap anak sekaligus kita sebagai orang tua. Alasan utama anak tidak mau makan adalah karena memiliki ketakutan tersendiri mengenai makanan tersebut. Ketakutan tersebut bisa berasal dari aroma, bentuk, tampilan, tekstur, hingga rasa makanan yang masih baru bagi mereka.

Selain itu, penyebab dari anak tidak mau makan juga disebabkan karena nafsu makannya yang kerap berubah-ubah di usia balita terutama ketika mencoba makanan baru. Kondisi anak tidak mau makan juga bisa dikarenakan ia sedang sakit atau mengalami kondisi medis tertentu. Dengan mengetahui penyebab-penyebab tersebut tentu kita bisa mencari cara mengatasi balita susah makan yang tepat untuk mereka. Adapun cara untuk mengetasi sesuai dengan penyebabnya adalah sebagai berikut.

Cara Mengatasi Balita Susah Makan Dengan Mudah

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi anak-anak yang susah untuk makan salah satunya adalah dengan memberikan variasi jenis makanan bergizi dan biarkan anak memilih dan mengeksplor makanan yang diinginkan. Dalam tahap ini, sebagai orang tua kita tidak boleh memaksa anak untuk mencicipi makanan baru sebagai solusi anak susah makan. Orang tua khususnya ibu juga perlu beberapa kali menawarkan makanan baru sebelum sikecil mau mencobanya. Dengan cara bertahap seperti ini, sikecil bisa jadi sedikit demi sedikit bisa menambah asupan makanan mereka.

Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak-anak mereka bisa makan. Langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan porsi makanan kecil namun sering diberikan. Memberikan makanan anak dalam porsi kecil namun sering lebih baik dari pada memberikan porsi anak banyak namun hanya satu atau dua kali. Ada baiknya juga agar orang tua menyajikan makanan dengan tampilan yang menarik dan membuat jadwal atau waktu makan yang teratur. Memberikan variasi makanan sekreatif mungkin dengan cita rasa yang beragam juga penting sehingga anak-anak tidak akan bosan ketika mereka makan.  Itulah beberapa cara mengatasi balita susah makan yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak sehingga berat badan anak naik.