Cara Tepat Menyajikan Susu Formula Untuk Anak Dalam Menjaga Kualitas Nutrisi Susu

Anak – anak disarankan mengonsumsi susu formula sebagai susu pertumbuhannya. Susu formula diberikan ketika anak tidak mengkonsumsi ASI. Susu formula sendiri memiliki berbagai merk dan bahkan jenis berdasarkan usia pemberian untuk anak. Pemberian susu formula pada anak disarankan karena jenis susu formula ini sudah diperkaya dengan nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang. Salah satu merk susu formula yang biasa diberikan adalah Friso dan banyak supermarket yang memberikan promo Frisian Flag untuk mempermudah belanja.

Jenis susu formula yang sering diberikan untuk anak adalah susu formula bubuk yang butuh penyeduhan untuk dikonsumsi anak. Susu formula bubuk cenderung dipilih karena sudah diperkaya nutrisi dan tekstur susunya cenderung lebih kental dan mirip dengan ASI. Sebab itu, susu formula bubu cenderung disukai anak. Tidak heran jika banyak supermarket maupun e-commerce bayi bagikan Promo Frisian Flag secara berkala.

Meskipun terlihat mudah saat menyajikan susu formula bubuk untuk anak, ternyata banyak ibu yang salah dalam penyajian susu formula. Penyajian susu yang tidak tepat akan mengurangi kualitas nutrisi susu yang diberikan. Ada baiknya memberikan susu formula sesuai dengan aturan pakai yang tertera di boks susu. Biasanya dalam produk Promo Frisian Flag, ada saran penyajian susu formula yang baik dan benar.

Bagaimana sih cara menyajikan susu formula untuk anak yang baik dan benar? Simak penjelasannya berikut :

  • Menyeduh susu formula pada suhu dibawah 70oC.

    Saran penyeduhan susu yang tepat adalah pada suhu tidak lebih dari 70oC. Untuk menyeduh susu, anda bisa memanaskan air hingga mendidih lalu menunggunya hingga bersuhu 70oC untuk bisa dicampurkan dengan bubuk susu. Suhu yang terlalu panas yakni diatas 70oC akan menyebabkan nutrisi dalam susu rusak. Pada suhu ini juga, bakteri jahat pada susu akan mati. Sebab itu, bila menyeduh susu dibawah suhu 70oC akan membantu bakteri masuk dalam tubuh anak.

  • Sesuaikan takaran air dan susu bubuk sesuai saran penyajian

Sebelum anda menyeduhkan susu untuk anak, ada baiknya membaca aturan penyajian susu bubuk. Berapa sendok takar susu yang disarankan diberikan untuk anak dan berapa ml air yang dibutuhkan. Usahakan untuk memberikan susu tepat takaran agar nutrisi tersampaikan baik ke anak dan tekstur susu sesuai dengan kebutuhan konsumsi anak. Bila memiliki pertanyaan terkait penyeduhan susu, anda bisa konsultasi ke toko perlengkapan bayi yang menjualkan maupun customer care pada boks susu.

  • Tidak menyentuh ujung botol susu dengan tangan

Kebiasaan orangtua saat menyeduhkan susu untuk anak adalah mengocok susu formula yang sudah diseduh dengan menutup ujung botol dengan tangan. Kegiatan ini tidak direkomendasikan sebab mampu membantu bakteri masuk ke mulut anak melalui bakteri tangan anda. Disarankan mengocok susu menggunakan tutup botol susu yang disediakan.

  • Susu bisa dikonsumsi kurang dari 2 jam

Setelah diseduh, susu formula dianjurkan dikonsumsi sampai habis segera. Apabila tidak habis, ada sebaiknya dibuang saja. Jangan menyimpan susu dalam kulkas karena akan terkontaminasi bakteri kulkas. Menghangatkan kembali susu juga tidak disarankan karena akan merusak kandungan nutrisi susu.