Fungsi Mesin Laminating Beserta Cara Menggunakannya!

 

Seiring dengan perkembangan zaman kini mesin laminating banyak ditemukan di berbagai tempat seperti toko buku atau alat tulis dan toko fotocopy yang menerima jasa untuk percetakan. Mesin laminating merupakan mesin yang digunakan untuk melaminasi suatu dokumen penting seperti Kartu Keluarga, Ijazah, SIM, KTP, dan lainnya. Mesin ini sangat mudah dijumpai terlebih lagi di dekat sekolah atau tempat kerja.

Dengan dilaminasinya suatu dokumen maka akan lebih awet dan tahan lama. Maka dari itu tak jarang banyak lulusan yang langsung melakukan laminating pada ijazah nya karena ijazah merupakan dokumen penting sehingga perlu dilakukannya proses laminating.

Fungsi Mesin Laminating

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi dari mesin laminating adalah untuk melapisi suatu dokumen penting agar aman dari debu, air, dan semacamnya serta agar tidak mudah robek sehingga awet dan tahan lama. Maka dari itu, mesin laminating merupakan salah satu mesin yang cukup penting dalam dunia percetakan dan perkantoran.

Berdasarkan cara kerjanya mesin laminating dibagi menjadi dua jenis yaitu mesin laminating panas dan mesin laminating dingin. Meskipun cara kerjanya berbeda namun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melaminasi dokumen.

Cara Menggunakan Mesin Laminating

Untuk menggunakan mesin laminating sebenarnya cukup mudah, Anda bisa melihat buku panduan yang biasanya juga disediakan dalam paket pembelian. Dan juga dalam menggunakan mesin laminating kita perlu berhati-hati karena jika salah dalam menggunakannya maka akan sangat fatal terlebih lagi dokumen yang dilaminating merupakan dokumen yang sangat penting.

Kadang kala mesin laminating bisa saja macet atau lengket sehingga dokumen menjadi rusak dan gagal untuk dilaminasi. Maka dari itu, Anda perlu mengerti dengan baik bagaimana cara menggunakan mesin laminating. Untuk lebih jelas dan lengkapnya Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini untuk cara penggunaan mesin laminating.

  1. Colokan terlebih dahulu steker mesin laminating ke dalam stopkontak.
  2. Lalu hidupkan mesin laminating, tekan tombol ON yang berada di bagian belakang mesin.
  3. Tunggu beberapa menit hingga mesin laminating panas. Biasanya 5 hingga 10 menit. Namun tergantung dari model mesin laminating yang Anda gunakan. Biasanya pada mesin laminating terdapat lampu indikator yang dapat menandakan bahwa mesin sudah siap digunakan.
  4. Masukan dokumen yang akan dilaminating ke dalam plastik khusus laminating. Sesuaikan dengan kebutuhan jangan sampai kurang dan terlipat.
  5. Letakan dokumen yang dilapisi plastik khusus di mesin laminating.
  6. Kemudian, pilih kecepatan laminating sesuai dengan ukuran dan ketebalan dokumen.
  7. Mulai mesin dengan cara menekan tombol Run.
  8. Sesuaikan agar kertas terus berjalan saat proses laminating. Untuk mengatur maju mundurnya dokumen yang dilaminating Anda bisa menekan tombol backward dan forward.
  9. Setelah dirasa telah cukup maka keluarkan dokumen yang telah terlaminasi. Lalu matikan mesin laminating.

Itulah fungsi dari mesin laminating atau mesin laminasi yang berfungsi untuk melapisi dokumen penting dengan plastik khusus laminating. Temukan berbagai mesin laminasi terlengkap di Maxipro.co.id.