Rangkaian Bunga Dan Kegunaannya Pada Kesempatan Tertentu

Rangkaian bunga seperti bunga buket, karangan bunga dan lain sebagainya memang banyak diminati. Rangkaian tersebut memiliki berbagai macam bentuk dan asesoris yang bisa digunakan sebagai pemanis dalam situasi senang dan sedih. Namun,  tahukah Kamu bahwa ada banyak jenis rangkaian bunga dengan kegunaan yang berbeda-beda? Berikut beberapa jenis rangkaian bunga dan kegunaannya.

  1. Buket tangan

Wanita senang menerima karangan bunga dari orang yang mereka cintai. Selain sebagai hadiah yang tidak banyak kita dapatkan untuk ulang tahun seseorang atau hari Valentine, bunga buatan tangan juga banyak digunakan. Kamu biasanya dapat menghadiri resepsi pernikahan, di mana pengantin membagikan karangan bunga di akhir acara  untuk berharap para lajang dan anak perempuan segera menikah. Ada juga banyak rangkaian bunga buatan tangan untuk lulusan baru. Biasanya ukuran bunga genggam ini tidak terlalu besar, terdiri dari puluhan hingga puluhan bunga dengan warna yang sama dan daunnya tersusun rapi menggunakan bungkusan warna yang sama. Semua orang suka menerima hadiah rangkaian bunga buatan tangan.

  1. Meja merangkai bunga

Meja ini berukuran panjang 1 hingga 2 meter dengan hiasan rangkaian bunga di sekelilingnya dan tulisan di tengahnya pasti sudah sangat familiar bagi Kamu. Jenis rangkaian bunga meja ini sangat populer untuk diberikan ketika seseorang akan menikah, ketika seorang pengusaha membuka  cabang baru, atau bahkan sebagai tanda berkabung untuk orang yang meninggal atau meninggal. Pernahkah Kamu memperhatikan bahwa warna  rangkaian bunga menyesuaikan dengan keadaan dan kondisi. Untuk perayaan,  bunga biasanya berwarna cerah seperti merah, oranye, tetapi untuk menyatakan belasungkawa biasanya berwarna lebih gelap seperti hitam, biru.

  1. Rangkaian bunga meja

Kasus lain rangkaian bunga  digunakan untuk mempercantik meja. Seringkali set lukisan ini diletakkan di meja makan untuk menghangatkan suasana makan malam. Bunga ditempatkan dalam vas kecil atau pot berisi air agar tetap segar untuk waktu yang lama. Tidak hanya untuk meja makan, meja juga bisa dihias dengan  bunga, tapi tentunya bunganya lebih sedikit dan bisa dihitung dengan jari. Bunga di atas meja  terbukti memiliki efek menenangkan pikiran sehingga bisa lebih fokus dalam bekerja.

  1. Rangkaian Bunga Berdiri (Standing Flower)

Rangkaian bunga ini biasa ditemukan di sepanjang karpet merah  menuju jalan setapak. Rangkaian bunga ini didukung oleh pot atau besi setinggi badan. Bunga ini akan menambah suasana kemeriahan dan menjadi perlengkapan pernikahan yang wajib dimiliki.

Itu dia ke 4 jenis rangkaian bunga beserta fungsinya. Sebenarnya tidak ada fungsi paten yang harus dipakai dalam rangkaian bunga tertentu, namun masyarakat Indonesia memiliki tradisi mereka sendiri dalam memberikan bunga dengan bentuk yang berbeda-beda seperti bunga wisuda, pernikahan, atau sekedar hadiah semata.