Tips membangun keluarga bahagia

Keluarga bahagia adalah keluarga yang ideal diinginkan oleh setiap orang. Bagaimana tidak, keluarga yang bahagia akan menciptakan lingkungan yang bahagia. Terutama bagi anak-anak, mereka meginginkan orang tua hidup rukun dan saling mengasihi satu sama lain. Hal ini juga akan memberikan dampak positif pada tumbuh kembang anak. Seorang anak yang tumbuh dalam sebuah keluarga yang harmonis akan memberikan rasa empati yang tinggi dan tumbuh menjadi anak dengan energy positif nantinya. Sebaliknya, anak yang tumbuh dalam sebuah keluarga yang broken home cenderung melampiaskan amarahnya kepada hal-hal yang negative. Hal ini harus menjadi perhatian utama bagi para orang tua, karena karena keeogoisan orang tua dapat memberikan dampak yang serius untuk kondisi psikologi dan masa depan anak. Berikut ini adalah tips yang bisa direalisasikan untuk membangun keluarga yang bahagia.

Keluarga adalah prioritas

 Setiap kepala keluarga tentunya memiliki kesibukan tertentu dalam bekerja. Pekerjaan merupakan hal yang penting akan tetapi jangan pernah melupakan bahwa keluarga adalah yang terpenting. Anda bisa tetap bekerja dengan baik namun tetap memprioritaskan keluarga anda. Hal ini akan memberikan dampak pada bagaimana keutuhan keluarga anda. Seorang istri membutuhkan kasih saying dan perhatian seorang suami dan begitu pula dengan anak-anak sangat membutuhkan dukungan orang tua mereka. Memberikan prioritas yang cukup dalam keluarga akan membuat keluarga anda menjadi lebih bahagia sehingga anda juga akan lebih bersemangat untuk bekerja.

Family time

Tips keluarga bahagia adalah family time. Kesibukan bekerja dan aktifitas lainnya tentunya membuat anda merasa jenuh. Beigitu pula bagi anak-anak, mereka bermain, sekolah dan beraktifitas lainnya membuat mereka bosan. Family time merupakan sebuah ide yang cemerlang untuk mengobati kejenuhan aktifitas sehari-hari sehingga pikiran menjadi lebih positif untuk menghindari stress. Anda bisa mulai membuat jadwal yang sesuai untuk melakukan kegiatan keluarga bersama-sama seperti liburan keluar negeri atau sekedar hangout dan piknik kecil. Hal ini sangatlah berarti bagi keluarga dan anak-anak karena dapat merefresh kembali pikiran mereka seperti melakukan baqbeque party atau sekedar saling bertukar cerita bercanda gurau mengeluarkan unek-unek yang terpendam.

Komunikasi yang baik

Keluarga bahagia adalah keluarga yang memiliki komunikasi yang baik. Komunikasi adalah kunci dari segala permasalahan. Segala permasalahan, apabila dikomunikasikan dengan baik maka akan dapat diselesaikan dengan lapang dada. Maka dari itu, ciptakan komunikasi yang sehat antar keluarga sehingga mereka akan lebih leluas dalam berargumen dan mengeluarkan pendapat mereka sehingga dapat memperkecil resiko kesalahpahaman satu sama lain. Percekokan dan kesalapahaman akan membuat hubungan satu sama lain menjadi renggang, sehingga tidak akan tercipta keluarga yang bahagia. Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membangun keluarga yang bahagia, stay happy and stay healthy.